Rabu, 18 November 2009

Riwayat Pertama kali Qurban

"Dan bacakanlah kpd mereka kisah dua orang putra adam dgn sebenarnya, ketika keduanya berqurban dengan suatu pengurbanan maka diterima dari salah seorang keduanya (habil) dan tidak diterima dr yg lain (Qabil). Qabil berkata sungguh aku akan membunuh engkau "Habil berkata"sesungguhnya Allah hanya menerima Qurban dari orang2 yg bertaqwa". (QS;Al-Maidah 27)

Ayat diatas mengisah kan kedua putra Adam yaitu Qabil dan Habil dimana sesuai hukum Allah, Qabil hanya diperbolehkan menikahi Labuda (saudara kembar Habil), sedangkan Habil hanya diperbolehkan menikahi Iqlima ( saudara kembar Qabil), tetapi Qabil tidak mau menerima keputusan dari Allah tsb dan ia menginginkan untuk menikahi Iqlima saudara kembarnya sendiri, karena Iqlima seorng wanita yang cantik jika dibanding Labuda.
Kemudian Nabi Adam membuat solusi atas petunjuk Allah bahwa Qabil & Habil disuruh berQurban, dan barang siapa yg diterima Qurbannya oleh Allah maka ia boleh menikahi Iqlima.
Yang menjadi qurban merupakan sesuatu yg disayangi.
Qurban dari Habil seekor domba gemuk yg memeng menjadi kesayangannya, sedangkan Qabil seekor domba yg kurus, dan sesuai dengan firman Allah diatas qurban yg diterima Allah adalah qurbannya Habil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar