Rabu, 14 Oktober 2009

RISALAH AQIQAH

Aqiqah adalah menyembelih kambing untuk anak yg baru dilahirkan.Saat anak lahir Rasulullah SAW menuntunkan untuk memberi nama yg bagus dan dianjurkan untuk menyembelih kambing sebagai bentuk syukur kita kepada Allah SWT.

Dalil disyariatkannya aqiqah adalah;

"Rasullulah SAW bersabda"sesungguhnya anak itu diaqiqahi,maka tumpahkanlah darah baginya dan jauhkanlah penyakit darinya(dengan mencukurnya)"(HR Buchori)

"Rasulullah SAW bersabda; Bagi anak laki-laki disembelihkan 2 ekor kambing yg mencukupi dan bagi anak perempuan disembelihkan 1 ekor kambing (HR Imam Ahmad & Tirmiji)

"Rasulullah SAW bersabda tentang aqiqah:"Setiap anak itu digadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan (baginya) pada hari yg ketujuh dari hari kelahirannya, dicukur rambutnya dan diberi nama.(HR. Tirmidzi, An-Nasai & Ibnu Majah)

Mengaqiqahi anak hukumnya sunah & dianjurkan, ini menurut kebanyakan imam seperti Imam Malik, Syafi'i, Ahmad, Ishaqi Abu Tsaur, karenanya bagi orang tua yg mampu hendaklah melakukannya .

Untuk jenis kelamin binatang yg diaqiqahkan tsb dibolehkan baik jantan maupun betina "Dari Ummu Kiraz al-Ka'biyyah radhiyallahu'anha, dia berkata,'aku pernah mendengar Nabi SAW bersabda, 'untuk anak laki-laki 2 ekor domba, dan untuk anak perempuan 1 ekor domba. Tidak masalah, apakah jenis domba itu jantan atau betina." (HR Abu Dawud)

Adapun waktu aqiqah itu sendiri dalam hadist Abdillah bin Wahab, dari Aisyah RA, bahwasanya ia berkata: "Rasulullah SAW telah mengaqiqahi Hasan dan Husein pada hari ketujuh dari hari kelahiran mereka, menamakan mereka dan memerintahkan menjauhkan penyakit dari kepala (mencukur mereka). Tetapi ada pendapat yg menunjukkan bahwa keterikatan dgn hari ketujuh, keempat belas, keduapuluh satu, bukan suatu keharusan melainkan hanya suatu anjuran, karena bisa juga hari yg lain.

Daging aqiqah ini boleh dimakan oleh yg melaksanakannya, disedekahkan ataupun diberikan sebagai hadiah kepada orang lain. Akan tetapi lebih utama jika diamalkan semua, karena dengan demikian akan lebih banyak orang yg menerimanya dan menikmatinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar