Rabu, 21 Oktober 2009

ALLAH MAHA PENGAMPUN

Firman Allh Swt yg artinya " Katakanlah, wahai hamba2Ku yg melampaui batas terhadap diri mereka sendiri janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa semuanya, sungguh Allah Maha Pengampun Maha Penyayang (Qs; Az-Zumar 53)

Dari beberapa hadist dapat kita ketahui betapa Maha Pengampunnya Allah tsb spt dibawah ini;
1. Dosa Org yg tdk pernah berbuat baik sedikitpun
"Diriwayatkan dari Abi Hurairah ra, dia telah berkata ; sesungguhnya Rasulullah Saw telah
bersabda: "Ada seorang lelaki yg tidak pernah berbuat baik sedikitpun, berkata kepada keluarganya apabila dia mati bakarlah jenajahnya dan buang abunya sebagian didarat dan sebagian dilaut. Demi Allah sekiranya Allah ingin mengazabnya pasti akan diazab dengan dgn siksa yg tidak pernah dilakukan thdp orang lain. Ketika lelaki itu mati dia dilakukan sebagaiman permintaannya, lalu Allah Swt memerintahkan abu yg dibuang kebumisupaya berkumpul, kemudian memerintahkan pula abu yg dibuang kelaut supaya berkumpul. Setelah semuanya berkumpul Allah Swt berfirman:" mengapa kamu lakukan semua ini."Karena takut kepadaMu ya Allah & Engkau lebih tahu " lalu Allah mengampuni lelaki tsb.Hr Muttafaq'Alaih)
2. Dosa Pembunuh
Diriwayatkan dari Abi Sa'id Al-Khudri ra, dia telah berkata: Nabi SAW telah bersabda:"ada seorang lelaki dari kalangan umat sebelum kamu telah membunuh sebanyak sembilan puluh sembilan orang, lalu dia mencari seorang yg paling alim. Setelah ditunjukkan kpd seorang pendeta, dia terus menemui pendeta tersebut kemudian berkata:" aku telah membunuh sebanyak sembilan puluh sembilan orang,apakah taubatku masih diterima?" Pendeta tersebut menjawab:"tidak" Mendengar jawaban itu, kemudian dia membunuh pendeta tersebut dan genaplah seratus orang yg telah dibunuh nya. Tanpa putus asa dia mencari lagi seseorang yg paling alim. Setelah ditunjukan pada seorang ulama, dia terus menemui ulama tersebut dan berkata:"Aku telah membunuh sebanyak seratus orang, apakah taubatku masih diterima?" Ulama tersebut menjawab:" ya siapakah yg bisa menghalangi taubatmu? Pergilah kenegri si fulan, karena disana ada banyak orang yg beribadat kepada Allah, beribadatlah kamu ke pada Nya bersama mereka dan jangan pulang ke negri mu karena negrimu sangat hina. Lelaki tersebut berangkat menuju tempat yg disebutkan. Ketika sampai ditengah perjalanan tiba2 dia mati, menyebabkan malaikat rahmat dan malaikat azab bertengkar. Malaikat rahmat berkata:" Dia datang dalam keadaan bertaubat dan menghadapkan hatinya kepada Allah Swt." Sedang malaikat azab juga berkata pula:"Dia tidak pernah melakukan kebaikan." Lalu malaikat lain yg menyerupai manusia datang dan mencoba menghakimi mereka sambil berkata:" Ukurlah jarak antara dua tempat tersebut, mana yg lebih dekat itulah tempatnya. Lantas mereka mengukurnya. Ternyata mereka mendapatkan bahwa lelaki tersebut lebih dekat kepada negri yg ditujunya. Akhirnya dia diambil oleh malaikat Rahmat(Hds Muttafaq'Alaih)
3. Dosa yg tidak disengaja.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik Ra, dia telah berkata:"Rasulullah Saw telah bersabda:"Allah SWT amat gembira dengan taubat hambaNya. Pernah ada salah seorang darimu bertaubat kepadaNya sewaktu dalam perjalanan dikawasan tandus.Ketika berhenti untuk istirahat unta yang menyertainya berjalan perlahan meninggalkannya sambil membawa bekal makanan dan minuman. Lelaki itu putus asa mencarinya, lalu berbaring dibawah sebatang pohon karena asik dalam keadaan tersebut tiba2 unta yg dicari tadi muncul disisinya. Dia terus memegang tali kekang unta tsb karena gembiranya dia berkata"YA ALLAH ENGKAU HAMBAKU DAN AKU TUHANMU,"(Hr Muttafaq'Alaih)
4. Dosa yg berulang-ulang
"Katakanlah," Wahai hamba2-Ku yg melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dasa-dosa semuanya. Sungguh Dialah yg Maha Pengampun, Maha Penyayang". (Qs; Az-zummar 53) Kemudian dari Hadist
Diriwayatkan dari Abi Hurairah Ra, dia telah berkata:" Nabi Muhammad SAW pernah bersabda tentang apa yg beliau terima dari Allah Swt"Seorang hamba Allah melakukan dosa, lalu berdoa"Wahai Tuanku ampunilah dosaku."Allah Swt berfirman"hambaKU telah melakukan dosa, ttp dia tahu dia mempunyai Tuhan yg akan mengampuni dosa atau menghukumnya karena melakukan dosa. Kemudian hamba Allah ts kembali melakukan dosa lalu berdoa "Wahai Tuhanku ampunilah dosaku."Allah Swt berfirman "hambaKU tlh melakukan dosa ttp dia tahu dia mempunyai Tuhan yg akan mengampuni dosa atau menghukumnya karena melakukan dosa. Oleh karena itu berbuatlah sesuka hatimu,Aku akan mengampuni dosamu." hamba tersebut berkata aku tidak tahu apakah aku minta ampun tiga atau empat kali, tetapi Allah Swt tetap berfirman "berbuatlah sesuka hatimu, Aku tetap akan mengampuni dosamu. (Hr Muttafaq'Alaih)
Memang demikian lah adanya Allah mengampuni semua dosa2 hamba2 nya karena Allah Maha Pengampun, kecuali dosa menyekutukan-NYa sebagaimana firman-Nya " Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa syirik.Tapi Dia mengampuni dosa yg selain itu bagi orang2 yg dikehendaki-Nya. Barang siapa yg mempersekutukan Allah benar2 dia telah berbuat dosa yg besar"(Qs;Annisa,48)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar