Kamis, 25 Maret 2010

KEJADIAN SETELAH KEMATIAN

" Tiap-tiap yg bernyawa pasti akan merasakan mati, dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu." (QS. Ali- Imran 185).Dari ayat tersebut kita ketahui bahwa kematian pasti datangnya, merupakan takdir yg telah dituliskan Allah Swt yg tidak bisa diundur atau dipercepat.

Setelah kematian orang akan melalui beberapa kejadian.

1. Alam Barzakh.
adalah alam pembatas antara dunia dan akhirat, disini arang akan mengalami yg namanya
- Fitnah kubur; yaitu pertanyaan malaikat kepada mayat tentang Rabbnya dan Nabinya dan agamanya. Rasulullah SAW bersabda " Apabila seseorang diantaramu tahu seorang manusia dikubur, ia akan didatangi oleh dua malaikat berwarna hitam kebiru-biruan, yg satunya bernama Mungkar, yg lainnya bernama Nakir. (HR Bukhari )
Dalam riwayat lain dikatakan " Datang kepadanya dua malaikat dan mendudukannya seraya bertanya: siapakah Rabbmu? ia menjawab "Allah" mereka bertanya : "Apa agamamu?", ia menjawab "Islam", mereka bertanya?, Siapa lelaki ini yang diutus kepadamu?. Ia menjawab:" Beliau adalah Rasulullah SAW", mereka bertanya?, "Apa ilmumu?, Ia menjawab " aku telah membacakitabullah", maka aku mengimaninya dan membenarkannya. ( HR Abu Dawud ).
- Siksa dan Nikmat Kubur.Nikmat kubur akan diperoleh mayit jika dia dapat menjawab pertanyaan malaikat dalam tahap fitnah kubur, sebaliknya jika dia tidak dapat menjawab pertanyaan maka yg diperolehnya adalah siksa kubur. Firman Allah " Dan Firaun beserta kaumnya dikepung oleh adzab yg buruk, kepada mereka ditampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada terjadinya hari kiamat: " masuklah Firaun dan Kaumnya kedalam adzab yg pedih." (QS Ghaafir 45-46).

2. Peristiwa Al Ba'ts dan Mahsyar
Al Ba'ts adalah dibangkitkannya manusia dari kuburnya masing-msing. Allah memerintahkan malaikat untuk meniupkan sngkakala pertama kali lalu matilah seluruh mahluk. Setelah ditiup sangkakala untuk yg kedua kalinya semua ruh kembali kejasadnya masing-masing. Allah Berfirman : " Dan ditiuplah sangkakala, maka tiba-tiba mereka keluar dngan segera dari kuburnya menuju kepada Tuhan mreka (QS Yasin 51).
Setelah itu mereka digiring dan dikumpulkan di tanah mahsyar, Allah berfirman " Dan ingatlah dihari yg diwaktu itu Allah mengumpulkan mereka, mereka yg merasa dihari itu tidak pernah diam didunia kecuali hanya sesaat saja disiang hari." (QS Yunus 45).

3. Al'Ardh dan Al Hisab
Ardh adalah diperlihatkannya semua amal perbuatan manusia baik dan buruk, kecil maupun besar, selama ia didunia sehingga mereka mengakuinya.
Hisab adalah penghitungan amal perbuatan manusia. Allah berfirman:
" Pada hari itu dihadapkan kepada Rabbmu dan tidak ada sesuatupun dari keadaanmu yg tersembunyi bagi Allah." (QS Al Haqqah 18).
Setelah pemaparan amalmaka setiaporang mukmin akan diberikan buku catatannya dari sebelah kanannya dan dia dihisab dgn perhitungan yg mudah. Sedangkan orang kafir maka dia diberikan buku catatnnya dari belakang, dan dia dihisab dgn perhitungan yg susah, Allah berfirman: " Maka barang siapa yg diberikan kitabnya dari sebelah kanannya maka ia akan dihisab dengan perhitungan yg mudah, dan dia akan kembali kekaumnya yg sama-sama beriman dengan gembira, adapun orang yg diberikan kitabnya dari belakang, maka ia akan berteriak; celakalah aku", dan ia akan masuk kedalam api yg menyala". (QS Al- Insyiqaaq 7-12).

4. Al' Haudh.
adalah telaga besar tempat minumnya umat nabi Muhammad SAW pada hari kiamat. Tetapi orang-orang yg melakukan perbuatan bid'ah tidak diijinkan untuk meminumnya. Rasulullah bersabda, " Sesungguhnya aku berada diatas haudh aku menunggu siapa diantara kalian yg datang kepadaku, demi Allah, sesungguhnya orang-orang psti akan dihalangi sebelum sampai kepadaku. Kemudian aku pasti akan berkata " ya Rabbi mereka itu dari golonganku, dari umatku! Maka Allah berfirman: " sesungguhnya engkau tidak mengetahui apa yg merekalakukan sesudahmu, mereka mundur berpaling (berbuat bid'ah)."(HR Bukhari & Muslim).
adapun sifat Al'Haudh adalah:
- sangat luas , panjang dan lebarnya sama yaitu sejauh perjalanan satu bulan
- airnya berasal dari telaga kautsar, ditengahnya terdapat dua pancuran dari surga
- airnya lebih manis dari madu, lebih putih dari susu, dan harumnya lebih harum dari minyak kesturi
- setiap orang yg meminumnya tidak akan haus selama-lamanya
- jumlah cangkirnya sebanyak bintang dilangit.

5. Al Mizan
adalah timbangan untuk mengukur berat amal kebaikan manusia di akhirat. Allah berfirman: " barang siapa yg berat timbngan (kebaikan), maka mereka itulah yg mendapat keberuntungan. dan barang siapa yg ringan timbangannya, maka mereka itulah orng-orang yg merugikan dirinya sendiri, mereka kekal didalam nerka jahannam."(QS Al-Mukminun 102-103)

6. Ash- Shirath
adalah jembatan diakhirat yg akan dilewati oleh manusia sesuai dngan banyak amal shalih yg ia lakukan didunia. Rasulullah bersabda: " Setelah manusia dibangkitkan dari kuburnya maka setiap orang bergabung dengan kelompoknya masing-masing, kaum yg menyembah matahariberkumpul bersama, kaum yg menyembah bulan berkumpul bersama dan kaum yg menyembah thaghut berkumpul bersama, dan tinggallah yg tersisa, dan tinggallah yg tersisi orang-orang munafik, lalu Allah datang menemuimereka dan berkata: Akulah Tuhan kalian, maka ketika Allah datang menemui kita(muslimin) kami langsung mengenal-Nya. kami berkata:a Allah inilah tempat kami, Allah berkata Akulah Tuhan kalian. Lalu kami menjawab: Engkaulah Tuhan kami, lalu Allah memanggil ummat Islam dan memasang jembatan Assh-shirath diatas punggung neraka jahanam dan aku (Muhammad) dan ummatku adalah orang yg pertama kali menyeberang jembatan tersebut, tidak ada seorangpun yg berbicara pada saat itu kecuali para Rasul, mereka mendoakan setiap orang yg menyeberanginya,: Ya Allah selamatkan, selamatkan. Diatas jahannam dipasang tangga besi yg tajam yg seperti duri pohon sa'dan, besi tersebut akan menyambar manusia yg menyeberangi jembatan tersebut sehingga mereka terjatuh akibat amal buruk mereka didunia. Hanya Allah yg mengetahui berapa besar besi tersebut, maka ada orang yg tersungkur dan terjatuh setelah tersambar, dan ada juga yang tersungkur kemudian selamat.......(HR Bukhari)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar